Sabtu, 01 Desember 2012

Proses Respirasi


Nama                           : GRAHA PERMANA
NIM                            : 24020111120002
Tugas                           : Proses Respirasi – Fisiologi Tumbuhan
Dosen Pengampu        : DR. Muniffatul Izzati, M.Sc.
PROSES RESPIRASI PADA TANAMAN
Proses Respirasi itu Ada 3 Tahap, yaitu sebagai Berikut :
1.        Proses glikolisis
Terjadi disitosol dengan hasil akhir asam piruvat, Selama glikolisis dihasilkan 4 molekul ATP, akan tetapi 2 molekul ATP diantaranya digunakan kembali untuk berlangsungnya reaksi-reaksi yang lain sehingga tersisa 2 molekul ATP yang siap digunakan untuk tubuh. Seluruh proses glikolisis tidak memerlukan oksigen. Hasil akhir sebelum memasuki siklus krebs adalah asam piruvat. Ada yang membedakan tahap ini menjadi dua yaitu glikolisis dan dekarbosilasi oksidatif. Glikolisis mengubah senyawa 6C menjadi senyawa 2C pada hasil akhir glikolisis. Yang dimaksud dekarbosilasi oksidatif adalah reaksi asam piruvat diubah menjadi asetil KoA.
2.        Siklus Krebs
Setelah menghasilkan asam Piruvat dan 2 molekul  ATP pada proses Glikolisi  Kemudian diangkut ke mitokondria Untuk melakukan proses Siklus krebs awalnya asetil KoA direaksikan dengan asam oksaloasetat (4C) menjadi asam piruvat (6C). selanjutnya asam oksaloasetat memasuki daur menjadi berbagai macam zat yang akhirnya menjadi asam oksalosuksinat. Dalam perjalanannya, 1C (CO2) dilepaskan. Pada tiap tahapan, dilepaskan energi dalam bentuk ATP dan hidrogen. ATP yang dihasilkan langsung dapat digunakan. Sebaliknya, hidrogen berenergi digabungkan dengan penerima hidrogen yaitu NAD dan FAD, untuk dibawa ke sistem transport elektron. Dalam tahap ini dilepaskan energi, dan hidrogen direasikan dengan oksigen membentuk air. Seluruh reaksi siklus krebs berlangsung dengan memerlukan oksigen bebas (aerob). Siklus krebs berlangsung didalam mitokondria dengan dihasilkan 2 Molekul ATP lalu berlanjut ke poses selanjutnya yaitu proses Tramsport Elektron.
3.        Proses Transport Elektron
Pada proses ini ada 3 tahapan yaitu :
1)      Muatan Pembawa elektron yang diperkaya oleh elektron dan proton yang berasal dari siklus krebs menuju ke Suatu Bentuk Rantai yang tersusun bertingkat atau menuruni susunan tangga.
2)      Pada saat elektron menuruni sebuah tangga, maka energi itu melepaskan energi 32 ATP
3)      Oksigen yang sudah menunggu di bawah susunan tangga itu akan menjemput elektron dan pada saat penjemputan oksigen tersebut maka terbentuklah air (H2O).
Proses transfer elektron ini sangat komplek, pada dasarnya, elektron dan H+ dan NADH dan FADH2 dibawa dari satu substrak ke substrak yang lain secara berantai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar