Senin, 07 Januari 2013

Bahaya Bakteri E.coli


Akibat dari bakteri E.coli adalah sebagai berikut:
1.                  Gangguan sistim pencernaan
2.                  Gangguan pada Ginjal
3.                  Serangan jantung atau stroke
4.                  Tekanan darah Tinggi
Maka dari itu perhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi agar terhindar daribakteri E.coli terutama bahaya minum Es batu balok karena banyak sekali baktkeri yang terdapat dalam Es batu balok. Bakteri E. coli yang menjelma menjadi sejumlah galur(strain), seperti Enterohaemorrhagic E. coli (EHEC), dapat menyebabkan diare, kram perut yang parah, dan demam. Kendati begitu, sebagian besar penderita akan sembuh dalam beberapa hari.
Bakteri E. coli yang berada dalam usus ternak sapi dan domba berpotensi pula menyebabkan terjadinya sindrom hemolytic-uremic (HUS), yang menyerang ginjal dan sistem saraf. Dalam wabah ini, terdapat 1.536 kasus EHEC dan 627 kasus HUS di Jerman, seperti dilansir Badan Kesehatan Dunia (WHO).
Bakteri ini juga bisa menyebar melalui beberapa jenis makanan, daging sapi olahan yang tak dimasak lebih dari 70 derajat C yang kemudian disajikan dalam burger, kebab atau salami. Buah dan sayuran segar seperti daun selada, tauge, tomat, mentimun, atau jus buah yang tidak dipasturisasi, karena mungkin sempat terjadi kontak dengan feses binatang yang terinfeksi. Susu segar dan keju yang tak melalui proses pasturisasi juga bisa menjadi media penyebaran bakteri ini.
Feses binatang atau manusia bahkan bisa masuk ke dalam danau, kolam, penampungan air, atau kanal irigasi. Dari tempat2 ini manusia bisa terinfeksi bakteri E. coli, terutama bila air tersebut diminum atau tertelan saat berenang. Bakteri ini juga bisa menyebar melalui kontak manusia. Biasanya ini terjadi bila tidak mencuci tangan bila menyentuh tangan orang yang telah terinfeksi. Kita juga bisa terinfeksi langsung dengan binatang2 pemamah biak seperti sapi, kambing atau domba, yang mungkin telah terinfeksi bakteri ini. Setelah masuk ke dalam saluran pencernaan bakteri menempel di usus besar manusia. Masa inkubasi bakteri ini berkisar antara 48 – 72 jam, namun bisa juga memiki rentang sampai 1 – 10 hari. Mereka memproduksi racun yang bisa merusak sel darah merah. Rusaknya sel darah merah bisa menyebabkan kegagalan ginjal yang kemudian bisa berakibat pada kematian.
Gejala-gejala infeksi Bakteri E. coli :
- Diare berdarah
- Perut kejang
- Pusing dan mual
- Kulit pucat
- Demam2
- Lemas
- Air seni yang keluar sedikit

1 komentar: